Bagaimana Mendapatkan Ide Menulis?

Menulis tidak sesulit yang kalian bayangkan asal mau mencoba dan fokus mengerjakannya.



Tapi mungkin kalian pernah berada di titik di mana tidak tahu apa yang ingin ditulis, bingung mencari mencari ide tulisan, sampai-sampai pikiran menjadi blank.

Pada keadaan seperti itu, pasti kalian akan berusaha untuk mencari cara agar dapat menghasilkan tulisan yang menarik.

Dan ketika sudah mencoba berbagai cara untuk mencari ide tulisan, tetapi kalian tetap tidak menemukannya, pasti akan merasa sangat kesal.

Mungkin cara yang kalian gunakan untuk mencari ide tulisan kurang tepat

Ada beberapa tips atau cara yang dapat kamu coba agar dapat lebih mudah dalam mencari dan menemukan ide tulisan.

1. Membaca

Membaca adalah jendela dunia, pasti kalian pernah mendengarnya. Membaca memanglah sumber wawasan yang sangat baik, semakin sering membaca maka kamu akan semakin memiliki banyak wawasan. Dan zaman sekarang pun sangatlah mudah untuk menemukan bahan bacaan, mulai dari majalah, koran, buku pengetahuan, tabloid, internet, dan masih banyak lagi.

Dan dengan semakin banyak membaca, kalian pun akan dengan mudah untuk menemukan ide-ide tulisan karena sudah memiliki banyak wawasan. Maka dari itu, membaca menjadi salah satu cara ampuh dalam mencari ide tulisan.

2. Pengalaman pribadi.

Cara yang dapat kalian lakukan ketika merasa bingung untuk mencari ide tulisan adalah dengan mengingat-ingat pengalaman pribadi. Karena pengalaman pribadi adalah hal yang pernah kalian lakukan dan pasti kalian tahu betul jalan ceritanya serta dapat lebih mudah untuk menulisnya.

Kalian bisa memulai dengan menulis kejadian seharian penuh, pengalaman menyenangkan, atau dengan menulis pengalaman memalukan yang tidak terlupakan. Dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa kamu tulis dari pengalaman pribadi, juga dari yang pernah kalian lihat atau dengar.

3. Menenangkan pikiran dengan bersantai.

Bersantai atau refreshing akan menjadikan pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Dan ketika pikiran sudah dalam keadaan yang stabil dan rileks, maka kalian dapat menjadi lebih mudah dalam mencari ide tulisan.

Bersantai ini pun memang memiliki banyak manfaat, selain menjadikan pikiran lebih tenang juga dapat membuang segala keluh kesah dan amarah atau menghilangkan beban hidup. Makanya ketika ada orang yang kerjaannya selalu marah-marah, positive thinking saja mungkin dia lagi kurang piknik.

4. Melihat karya penulis hebat agar termotivasi.

Melihat karya-karya penulis hebat memang bisa membangunkan motivasi dalam diri kita. Karena dengan adanya rasa kagum, pasti kita akan berkeinginan untuk menjadi sepertinya. Mau tidak mau kita akan berusaha untuk lebih giat lagi.

Dan semakin sering melihat atau membaca karya penulis hebat, lama-kelamaan kita akan mengetahui cara untuk menulis yang baik. Dengan begitu, kita pun juga bisa lebih mudah untuk mencari cara mendapatkan ide menulis

5. Sering mencari informasi.

Informasi memang bertebaran di mana-mana, tapi apabila kalian tidak menangkapnya, bagaimana mungkin untuk mendapatkan sebuah informasi? Banyak fasilitas yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi, contohnya gadget yang mana hampir setiap orang pasti memilikinya.

Ketika sudah terbiasa untuk mencari informasi, maka secara tidak langsung kalian juga sudah membiasakan diri untuk menemukan ide menulis. Karena dengan banyaknya informasi yang kalian miliki, pasti akan lebih mempermudah untuk menulis. Maka dari itu, mencari informasi adalah salah satu cara ampuh untuk mendapatkan ide tulisan yang menarik.

6. Bayangkan menjadi pembaca.

Cara mencari ide tulisan berikutnya adalah dengan membayangkan bahwa kalian adalah seorang pembaca. Dengan ini kalian akan berpikir tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pembaca, kalian pun dapat lebih mudah untuk mendapatkan ide menulis.

Hal ini pun berlaku dalam dunia bisnis, misalnya ketika kalian ingin berdagang maka kalian juga harus membayangkan untuk menjadi pembeli. Dengan begitu, kalian akan tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pembeli.

7. Jangan malu bertanya pada teman atau orang sekitar.

Bila berpikir sendiri atau dengan melihat keadaan sekitar belum bisa membantu untuk mendapatkan ide menulis, maka kalian bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan bertanya kepada orang lain. Karena orang lain ibarat pembaca atau pembeli, maka kalian harus tahu apa yang mereka butuhkan. Dan ketika teman atau orang lain tersebut bersedia menjawab, maka jawabannya bisa kalian jadikan sebagai bahan tulisan.

8. Mencari ide tulisan menjadi lebih mudah dengan sering menulis.

Semua orang pasti setuju apabila terbiasa melakukan sesuatu maka akan menjadikan kita lebih mahir dalam mengerjakannya. Sama halnya dengan menulis, terbiasa menulis akan menjadikan kalian lebih mahir dalam menulis.

Jangan merasa bingung dan galau dalam menentukan ide tulisan.

Ide bisa datang dari mana saja.

Yang harus dilakukan adalah MENCATAT.

Kalian harus mencatatnya sekarang.

Apa yang dicatat? Tentunya ide tadi.

Misal. Kalian mau menulis tentang Pebisnis Online.

Tulis point2 yang kalian tangkap dari beberapa sumber.

Kalian menemukan fakta Mbk Titik Jualannya laris di WA. Catat

Kalian menemukan fakta pengiriman barang online menggunakan ekpedisi. Catat

Cara cek ongkir untuk pengiriman online. Catat

Cara pembayaran yang mudah untuk transaksi online. Catat

Intinya catat point2 yang kalian dapatkan dengan mengoptimalkan panca indera kalian.

meski mungkin saat ini belum sempat menulis atau kurang menarik untuk ditulis. Ketika sudah dicatat, maka cukup membaca list dan memilih akan menulis yang mana dahulu.

catat sebanyak-banyaknya ide menulis.

minimal 10 ide tulisan kalau bisa

Setelah punya 10 ide tulisan, cek ide tersebut

1. Mana data yang paling banyak dimiliki
2. Mana yang paling mudah ditulis
3. Mana yang paling cepat ditulis

Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar