Get Spirit: Menjaga Kesehatan Mental itu Penting

Kesehatan Mental
Ilustrasi Kesehatan Mental/Canva.com



Bandung, 21/7 - Menurut World Health Organization (WHO), sehat didefinisikan sebagai suatu keadaan sempurna baik fisik, mental, dan sosial, bebas dari penyakit atau kelemahan dalam kondisi tertentu.


World Health Organization (WHO) juga menjabarkan, orang yang memiliki mental sehat adalah mereka yang mampu mengelola stres, produktif dalam bekerja serta memiliki peran dalam masyarakat.


Seseorang yang memiliki mental yang sehat akan selalu bahagia, cerdas berperilaku, memahami perasaan orang lain, serta mampu menahan diri.

Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah bagian dari kesehatan yang tidak bisa dilepaskan. Sehat secara mental adalah keadaan ketika individu merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun secara sosial. Orang yang sudah mencapai aktualisasi diri juga umumnya sehat secara mental.


Mental yang sehat juga baik untuk kehidupan sosial. Orang dengan mental yang sehat akan dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat.


Bahkan, mereka juga lebih mampu memberikan kontribusi yang baik pada komunitas atau orang-orang di sekitarnya.


Menjaga kesehatan mental tidak hanya berlaku pada orang dewasa yang sedang produktif. Anak-anak, remaja, dan orang lanjut usia juga harus peka dan sadar terhadap kesehatan mental.


Pepatah mengatakan dalam tubuh yang kuat ada jiwa yang sehat, memang benar adanya. Jika jiwa kita dalam keadaan yang tidak baik-baik saja, maka akan berpengaruh besar terhadap kondisi fisik kita.


Gangguan Kesehatan Mental


Gangguan kesehatan mental adalah penyakit yang mempengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya.


Lebih lanjut, Psikolog dari Bandung, Selly, M.Psi mengungkapkan, gangguan kesehatan mental dapat muncul akibat beberapa hal. Gangguan kesehatan mental biasanya diakibatkan oleh trauma, masalah, perubahan dalam hidup, gaya hidup tidak sehat, genetika dalam keluarga serta minimnya support system. Gejala gangguan kesehatan mental biasanya sulit dideteksi kecuali menimbulkan gejala yang mencolok.


Menulis Sebagai Self Healing




Menjaga Kesehatan Mental
Menulis sebagai Self Healing/Canva.com



Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menulis kreatif. Menulis kreatif adalah proses menuangkan ide atau gagasan sebagai wujud pengendalian pikiran-pikiran kreatif agar dapat menjadi tulisan yang baik dan menarik.


Menulis dapat menjadi sarana pembangun konsep diri dan self healing. Tujuan dari self healing ini adalah untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi.


Self healing tidak hanya menyembuhkan rohani (pikiran dan jiwa) namun juga jasmani (badan).


Menulis kreatif memberikan kesempatan yang unik untuk mengeksplorasikan perasaan dan pikiran.


Manfaat menulis untuk kesehatan mental diantaranya membantu mengekspresikan emosi, Membantu memproses pikiran, Membuat pola pikiran lebih terorganisir dan teratur, Mengasah kemampuan kognitif, Melegakan perasaan hati dan Meningkatkan kreativitas.


Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dengan menulis kreatif adalah:


1. Membuat Jurnal Reflektif


Jurnal reflektif merupakan agenda yang berisi tentang harapan atau cita-cita di masa depan. Jurnal reflektif juga dapat berisi tentang apa yang telah dicapai selama ini.


Pada jurnal reflektif dapat menuliskan beberapa point di antaranya:

a. Goals/Ambisi/Cita Cita 5 Tahun Lalu apa?

b. Yang Ingin Saya Capai Sekarang?

c. Goals/Ambisi/Cita Cita 5 Tahun Kedepan



2. Membuat Gratitude Journaling



Yaitu jurnal yang berisi hal-hal yang disyukuri dalam hidup. Setiap hari atau minggu dapat merenungkan beberapa hal yang paling disyukuri di hari/minggu itu di dalam.


Ketika kita membuat jurnal reflektif maupun Gratitude Journaling tersebut, tidak hanya bisa mengekspresikan perasaan dan pikiran. Tetapi juga bisa memproses hal-hal yang pernah terjadi di masa lalu sehingga membantu untuk mengembangkan visi untuk masa depan, sehingga hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.


Layanan Konsultasi Psikologi Online





Get Spirit
Layanan Konsultasi Psikologi Online/Zoom IIDB



Hadir sebagai narasumber di acara Zoom Ibu-ibu Doyan Bisnis, yang dipandu langsung oleh Indari Mastuti, penulis dan pebisnis sekaligus founder Indscript Creative, Selly, M.Psi., menekankan kepada kita semua untuk tidak menyepelekan kesehatan mental.

"Jangan sepelekan gangguan kesehatan mental yang ada pada diri kita," ungkapnya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, begitulah kira-kira lebih tepatnya.

Get Spirit hadir sebagai layanan konsultasi psikologi online bagi anak dan remaja yang mengalami permasalahan kesehatan mental.

Remaja yang masih rentan dengan kondisi emosional yang tidak stabil, sehingga rawan stress, tidak tahu harus berbuat apa atau bercerita pada siapa sehingga kemudian mengalami gangguan kesehatan mental.

Sehingga Get Spirit menjadi sahabat bagi mereka untuk menentukan minat dan potensinya di masa depan.

Harapannya, dengan berkonsultasi para anak, remaja hingga orang tua dapat memiliki wawasan yang luas tentang pentingnya kesehatan mental.

Konsultasikan permasalahan anak secara online agar kesehatan mental anak dapat terjaga. Get Spirit dapat dihubungi melalui Instagram @get_spirit.***

Posting Komentar

0 Komentar