Tips Penulis yang Bisa Naikin Level Bisnis ala Indari Mastuti

Bandung, 14/7 - Indari Mastuti merupakan sosok ibu rumah tangga yang sukses menjadi seorang penulis sekaligus pebisnis.

Indari Mastuti
Indari Mastuti


Menurut Indari Mastuti, menulis membuat hidupnya menjadi berwarna dan bahagia.

Menulis bukan hanya sekedar hobi bagi Indari Mastuti, menulis bisa menjadi sumber utama penghasilannya.

Tips Menulis ala Indari Mastuti

Untuk menjadi seorang penulis yang sukses tentu butuh ilmu dan juga butuh waktu berproses, yang tidak kalah penting, untuk menjadi penulis itu butuh skill. Skill menulis perlu diasah agar tulisan menjadi lebih baik dan lebih mengena di hati pembaca.

Berikut ini adalah beberapa tips menulis ala Indari Mastuti, yang kini menjadi profesi yang sangat menjanjikan untuknya.


 1. Upgrade Skill

Upgrade skill dapat dilakukan dengan konsisten latihan menulis. “Belajar, belajar dan belajarlah berulang-ulang tanpa jeda,” ungkapnya. Sebagai seorang penulis, tentu yang dijual adalah tulisannya, oleh karena itu, sangat penting bagi penulis untuk belajar menulis dengan baik dan benar.


2. Berani Mengambil Peluang

Beranikan diri untuk mengambil setiap peluang yang ada dalam dunia menulis. Belajarlah dari setiap peluang yang dimiliki untuk memperkaya diri dengan pengalaman-pengalaman seputar dunia menulis. Setiap pengalaman yang dimiliki dapat dijadikan sebagai portofolio pribadi atau perjalanan berkarir di dalam dunia menulis. Hal ini berguna jika suatu saat kita akan menawarkan jasa menulis, calon client pasti ingin mengenal dulu siapa kita dan pengalaman apa saja yang sudah dimiliki.


3. Memiliki target yang jelas

Hasil yang dicapai berbanding lurus dengan usaha yang dikeluarkan, maka semakin besar target maka harus seimbang dengan besarnya daya juang. Harus punya target jelas, misal ingin memiliki income Rp10 juta perbulan dari jasa menulis, maka usaha dan daya juangnya pun harus 10 kali lipat dari biasanya.

 

4. Bangun Networking

Perlu diingat, bahwa memiliki relasi hubungan kerja dengan banyak orang (ber-networking) adalah kunci terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis.  “Kecilkan tim dan luaskan networking,” ujarnya. Dengan memiliki banyak networking, bisa jadi bisnis menulis yang dijalankan juga akan dikenal oleh banyak orang.

 

Profesi Penulis yang Menjanjikan

Indari Mastuti juga memberikan berbagai contoh profesi penulis yang jika dijalankan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang fantastis.

Contoh dari profesi penulis tersebut antara lain: Content Creator, Content Writer, Copywriter, Ghost Writer, Technical writer, Jurnalis, Marketing communication specialist, Editor, Penulis buku hingga Pengajar penulisan, dan lain sebagainya.

Dari beberapa profesi penulis yang disebutkan di atas, bisa dijadikan sebagai referensi dalam menekuni bisnis di dunia kepenulisan.

Tanamkan mindset bahwa kamu bisa menggapai lebih banyak impian dari menulis ini, sehingga ketika mulai menjalankan proses sebagai penulis, hal tersebut akan menjadi lecutan untuk menggapai mimpi sebagai penulis yang sukses. ***

 

    

 


Posting Komentar

0 Komentar