5 Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Masjid Al Jabbar. Sumber UIN Sunan Gunung Jati Bandung

 



Selama Ramadan, semua umat Islam harus menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Sehingga pada kondisi tersebut tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan kebutuhan vitamin hariannya tidak tercukupi. Selain itu, kewajiban memperbanyak ibadah dan bangun tengah malam untuk makan sahur menyebabkan pola tidur tidak teratur.



Kondisi seperti itu menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan menerapkan dengan benar petunjuk atau tips cara menjaga kesehatan tubuh selama Ramadan. Berikut beberapa tips untuk tetap sehat selama Ramadan, agar tubuh selalu dalam kondisi prima dan siap untuk beribadah dan beraktivitas. Diantaranya adalah;

1. Sahur yang Baik

Sahur berperan sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa dan saat sakit di siang hari. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur serta hindari makanan kaya minyak karena menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.



2. Berbuka yang Baik

Makan dalam jumlah besar segera setelah berbuka membuat perut tegang, jadi makanlah makanan yang cukup secara bertahap, dimulai dengan air dan sesuatu yang manis.

3. Hindari Terlalu Banyak Makan di Malam Hari

Makan terlalu banyak di malam hari menyebabkan obesitas dan karenanya harus dihindari. Selain itu, hindari minum kopi dan soda karena menyebabkan gangguan tidur dan menumpuk banyak lemak.


4. Aktivitas Fisik, Minimal 30 Menit

Meski sedang berpuasa, aktivitas fisik tetap sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh


5. Pertahankan Pola Tidur

Hindari tidur larut malam untuk keperluan yang tidak penting agar bisa bangun untuk menyiapkan sahur.



Dengan menerapkan lima pedoman hidup sehat di atas, diharapkan seseorang dapat tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Posting Komentar

0 Komentar